Selasa, 22 September 2015

Tauge 2

Kandungan dan Manfaat Tauge

blog nok-manah.blogspot.com ini adalah sebuah rintisan

Konsumsi tauge untuk merangsang hormon testosteron.
Testosteron merupakan hormon didalam tubuh, bukan kandungan yang terdapat dalam makanan. Lalu, apakah tauge mengandung testosteron? Tentu saja tidak. Testosteron hanya diproduksi oleh tubuh melalui mekanisme yang terjadi.

Jadi, bagaimana kaitan antara tauge dan perkembangan hormon testosteron?

Dikarenakan testosteron merupakan hormon hasil dari mekanisme yang terjadi dalam tubuh, maka ada beberapa cara yang dilakukan untuk merangsang produksi testosteron tersebut, dalah satunya adalah konsumsi tauge. Kandungan toge yang berupa vitamin B, C, dan vitamin E, ternyata mampu merangsang produksi testosteron dalam tubuh menjadi lebih efektif.

Kandungan Gizi Tauge (per 100 gram)

Nama Bahan Makanan : Tauge Kacang Hijau
Nama Lain / Alternatif : Toge Kacang Ijo / Kecambah Kacang Hijau

Banyaknya Tauge Kacang Hijau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tauge Kacang Hijau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Tauge Kacang Hijau = 23 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tauge Kacang Hijau = 2,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tauge Kacang Hijau = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tauge Kacang Hijau = 4,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tauge Kacang Hijau = 29 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tauge Kacang Hijau = 69 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tauge Kacang Hijau = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tauge Kacang Hijau = 10 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tauge Kacang Hijau = 0,07 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tauge Kacang Hijau = 15 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Nah, kandungan gizi yang ada pada tauge tersebut berkhasiat untuk merangsang produksi hormon testosteron dalam tubuh kita.

Manfaat Toge bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah:

Mencegah Kanker
Proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Mencegah Osteoporosis
Estrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

Manfaat Tauge yang Lainnya
Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan taoge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Nah, ternyata memang tauge terbukti secara ilmiah membantu meningkatkan kesuburan pria, kuncinya adalah mengoptimalkan produksi hormon testoteron pada pria. Dan banyak juga makanan yang berkhasiat serupa dengan tauge dengan kadar yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar